Metode Keyword


wah sudah lama gak update posting. :D
kali ini, saya akan share sebuah metode belajar *terinspirasi saat disuruh kuasain materi dari buku setebal empat ratusan halaman dan saya hanya punya waktu dua hari (--“) walhasil  saya kepikiran pake metode ini, yang ujung-ujungnya saya namakan metode keyword, Mirip metode mnemonic (mungkin sudah ada metode seperti ini sebelumnya, tapi saya belum berhasil menemukan)  


Ini dia contoh pertama, (klik untuk memperbesar gambar): 






dalam contoh di atas, sesuai judulnya, ada beberapa cara meningkatkan keratifitas. Dari pada susah-susah ngapalin kalimat perkalimat, lebih mudah kalo kita langsung ambil kata kunci dalam satu kalimat, yang sebelumnya harus kita baca dan pahami dulu. seperti cara pertama, yaitu “mengembangkan pengetahuan dasar. Hal ini berkaitan erat dengan kerja keras, dimana orang-orang kreatif cenderung lebih banyak dan lebih sering menggali informasi-informasi untuk menyempurnakan kemampuan dasar mereka.” Nah, gagasan utama dari kalimat tersebut adalah meningkatkan pengetahuan. Supaya kalimat yang berbelit-belit itu gak bikin kita lupa intinya, yang perlu kita lakukan hanyalah menghafalkan atau menulis kata kunci di sisi halaman buku, bisa terdiri dari satu atau dua kata. Kata apa saja yang bisa memancing ingatan kita.


Untuk paragraf yang terdiri dari poin-poin mungkin lebih mudah untuk dihapalkan. Trus gimana dengan kalimat yang berupa pengertian atau definisi? Ini dia contohnya (klik untuk memperbesar gambar):






Seperti biasa, kita mesti pahami dulu maksud sebuah kalimat, agar kata kunci yang kita hafal atau tuliskan mampu me-recall kembali ingatan kita mengenai definisi yang dimaksudkan. Dalam contoh di atas, sebuah paragraf memuat satu tahapan kreativitas. Saya menuliskan kata kunci “kaji”, “kumpul data”, dan “alternatif”, sehingga saya dapat mengingat definisi dari metode persiapan, <em>yaitu tahap dimana kita mengkaji sebuah masalah, lalu mengumpulkan data yang dibutuhkan, dan mencari alternatif untuk memecahkan masalah tersebut”</em>.  Dengan cara seperti ini,  kita gak perlu menghafalkan persis dengan kalimat aslinya, karena kadangkala malah bikin kita jadi blank.


Gimana? Semoga bermanfaat. Ditunggu komentarnya :D

4 comments

Blogger news

Blogroll