Untuk Generasi yang Ingin Sukses

Jika melihat "teori" mengenai fase perkembangan kematangan remaja, menginjak usia 16-18 tahun idealnya seorang remaja telah menyadari fungsi perannya dalam masyarakat. Namun pada kenyataannya kondisi lingkungan menyebabkan sebagian remaja tidak dapat mencapai kematangan tersebut, tidak penanaman ada nilai dan norma yang cukup untuk menguatkan karakternya sebagai seorang "pemuda".

lingkungan yang dimaksud tentunya berawal dari keluarga, kemudian lebih jauh teman se-pergaulan dan lingkungan sekolah. dari rumah hingga tempatnya menimba ilmu anak diharapkan dapat mempelajari skill kecakapan hidup, bagaimana membentuk pribadi yang baik dan mengolah kemampuan interpersonal. 

namun sayangnya keluarga juga lembaga pendidikan tidak selalu mampu membentuk atau memfasilitasi remaja untuk mengembangkan dirinya. jadilah tugas tersebut "diambil alih" oleh organisasi kepemudaan, LSM, atau yayasan yang memiliki program community development atau empowering bagi remaja. di UIN Malang, kami baru saja menggagas sebuah program pengembangan diri (yang masih dikhususkan) bagi mahasiswi, program tersebut kami beri nama "Link Genius".
Link Genius adalah singkatan dari Lingkaran Generasi Ingin Hidup Sukses. karena yang bergabung bersama kami adalah orang-orang yang telah memiliki komitmen untuk memperbaiki diri, atau meningkatkan kualitas pribadinya menjadi lebih baik. ini menjadi awal bagi mereka untuk meraih kesuksesan yang telah mereka definisikan secara personal. 

Link Genius kami konsep dalam bentuk mentoring, di mana setiap kelompok (yang terdiri dari 5 orang) akan di dampingi oleh seorang mentor. Dan seperti mentoring pada umumnya, peserta akan menerima beberapa materi yang dikemas secara berkesinambungan selama 6 kali pertemuan. materi tersebut (plus 1 pertemuan awal) antara lain:
  1. Konsep Diri : agar peserta mampu mengenal dirinya, sadar bahwa ia memiliki hidup yang "ber-tujuan", menggali kelebihan dan kekurangan untuk memaksimalkan potensi yang ia miliki.
  2. Life Mapping: setelah merumuskan visi hidup di sesi Konsep Diri, peserta mulai menyusun peta hidupnya dengan menurunkan visi tadi menjadi beberapa langkah konkrit dan target yang ingin ia capai, 1 bulan, 1 tahun, 5 tahun, dan seterusnya.
  3. Manajemen Diri: mimpi dan target yang telah dirancang tentu tidak begitu saja dapat dicapai. diperlukan manajemen tugas/pekerjaan, menentukan prioritas, termasuk manajemen diri agar dapat fokus mengejar apa yang telah direncanakan.
  4. Afiliasi : adakala nya semangat kita menurun, kehilangan inspirasi, tidak ada sumber motivasi yang menyebabkan kita menyerah pada mimpi kita. ini bisa disiasati dengan membuat atau bergabung dengan komunitas untuk bisa sharing dan memupuk kembali semangat. peserta boleh berafiliasi dengan organisasi/komunitas yang telah ada, atau membuat sendiri kelompok kecil berdasarkan kesamaan passion.
  5. Kontribusi: di sini saatnya peserta merumuskan aksi mengenai apa yang dapat mereka berikan. setelah melewati beberapa materi pengembangan diri, diharapkan peserta terberdaya melalui kegiatan yang mereka lakukan untuk menginspirasi orang lain. 

Materi mentoring disusun selain terinspirasi dari kebutuhan mahasiswi itu sendiri, juga dari beberapa konsep mentoring yang telah ada, salah satunya adalah coaching yang diberikan oleh kang Agung Baskoro yaitu "Smart Generation Mentorship", di mana saya beserta 7 teman lainnya adalah angkatan pertama untuk daerah Malang. 

Saya yakin bahwa seseorang tidak dapat "menjadi" tanpa tempaan. selalu ada sosok atau setidaknya peristiwa yang membuat orang tersebut dapat menemukan dirinya, kondisi terbaiknya. dan salah satu usaha kami adalah bagaimana menjadi sosok, significant others bagi mereka, teman-teman kami yang ingin menjadi lebih baik. 

Link Genius telah dilaunching dan kegiatan mentoring akan kami mulai pada Februari 2013 InsyaAllah. kurikulumnya masih pada tahap penyempurnaan, jika ada saran/masukan terkait teknik dan materi, anda dapat membubuhinya di kolom komentar. terima kasih dan mohon doanya :)

7 comments

  1. Inilah hijrah,
    Meninggalkan sisi buruk kita. . .
    Tertarik sekali terlibat di dalamnya...

    ReplyDelete
  2. semoga ini bisa menjadi salah satu program yang bisa menjawab kegalauan banyak mahasiswi, di UIN khususnya :)

    ReplyDelete
  3. sebuah program startup yg menarik untuk memperbaiki kualitas generasi bangsa. :)
    Semoga bisa menjadi kontributor yg baik di masa generasi platinum saat ini.

    ReplyDelete

Blogger news

Blogroll