Belajar #4: Pertanyaan Untuk Kolaborasi

Pada sesi kolaborasi ada beberapa catatan penting dari para pemateri, ini saya tulis dalam bentuk tanya jawab:

apa yang kita lakukan untuk menyiapkan project?
pertama, tentu kita perlu me-list apa saja kemampuan kita, dan apa yang kita inginkan dari project tersebut. sebaiknya idealisme kita tetap sesuai dengan kemampuan. dengan ini kita dapat membandingkan, juga dapat menyempurnakan kemampuan apa saja yang masih kurang. kedua, asah skill yang mendukung. ketiga, ajak orang yang memiliki skill yang berbeda untuk bekerja sama. ini untuk memudahkan kita dalam bekerja dan berkolaborasi. misalnya ada kawan yang mahir di bidang IT, maka ia bisa membantu kita dalam pemasaran atau publikasi melalui website atau social media.

bagaimana melaksanakan project yang bersentuhan dengan kearifan lokal masyarakat?
tentu saja dalam hal ini kepahaman budaya sangat penting untuk membuat perubahan di daerah. oleh karena itu memang lebih mudah jika anak daerah setempat yang berinisiatif untuk mengadakan project tersebut. setidaknya, ia harus mengenal lingkungan setempat dengan baik.

bagaimana agar project yang kita lakukan tepat sasaran?
kadang kala kita memiliki idealisme pribadi untuk mengubah masyarakat (yang menurut kita perlu diubah). tapi tunggu dulu, tidak semua masyarakat bersedia untuk bekerja sama dengan kita, dan menyadari perlunya perubahan bagi mereka. oleh karena itu, setiap project haruslah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
awali dengan analisis masalah, merancang solusi, dan melakukan pendekatan.

teman-teman punya catatan lain mengenai project sosial atau yang lainnya? silakan dishare di box komentar.
terima kasih :)

5 comments

  1. mantap wan,
    pantesan kamu jadi sumringah gitu ya... SEMANGAT!

    ReplyDelete

Blogger news

Blogroll