Melihat dari "Kacamata" para Auliya'

Suatu hal bisa menjadi masalah ataupun berkah. yang membuatnya berbeda adalah prasangka terhadapnya.

prasangka baik, akan membuat hati lapang (dan sungguh sungguh begitu adanya).
tulisan ini saya jadikan penghibur hati, bagi saya sendiri atau mungkin orang lain yang juga sedang terjebak dalam kejenuhan atau keresahan yang bertubi. bahwa " didalam prasangka baik" kata Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi dalam wasiatnya "terdapat keselamatan dan keberuntungan". salah satu keutamaan para auliya' adalah selalu berprasangka baik kepada Allah Swt dan makhluknya. sesuatu yang tampaknya mudah, namun terkadang kita "kelepasan" lalu muncullah pikiran-pikiran negatif yang seringnya malah kita pelihara.


"aku wasiatkan agar selalu berprasangka baik kepada Allah dan setiap muslim" kata Habib Ali "tak ada derajat yang lebih tinggi dari prasangka baik dan tak ada kebiasaan baik melebihi itu. karena di dalam prasangka baik terdapat keselamatan dan keberuntungan. Di dalam keluasan rahmat sirnalah amalmu, bahkan amal setiap makhluk bagaikan sirna. di dalam rahasia Allah yang dititipkan pada makhluk-Nya, terdapat sesuatu yang mengharuskan untuk berkeyakinan bahwa semua makhluk adalah auliya. sesungguhnya pada ciptaan Allah terdapat rahasia yang tidak dapat diketahui oleh hamba-hambaNya yang terpilih. maka temuilah semua yang terlihat dengan prasangka baik, karena rahasia yang terdapat antara hamba dan Tuhannya tidak ada yang mengetahui kecuali Allah"

Imam Al-Hasan bin Ali ra, berkata "...jika kalian melihat amal baik seseorang, maka pasti kalian akan melihatnya orang yang baik,indah, menyenangkan setiap pemandangannya, dan melampaui alam semesta. sedangkan jia kalian melihat kejelekan seseorang, maka kalian akan melihatnya sebagai orang yang buruk lagi jelek, hati akan berpaling darinya, dan mata akan terpejam darinya..."


وَلِحُسْنِ الظَّنِّ لاَزِمَ   فَهُوَخِلِّي وَحَلِيْفِي
Maka bersangka baik padaMu adalah hal yang mesti bagiku, sangka baik atasMu adalah pakaianku dan janjiku

وَأَنِيْسِيْ وَجَلِيسِي  طُوْلَ لَيْلِي وَنَهَارِي
Dan hal itulah (sangka baik padaMu) yang menjadi penenang hatiku, dan selalu (sangka baik pada Mu) menemaniku sepanjang siang dan malam  (Imam Abdullah Alhaddad)

5 comments

  1. numpang lewat..
    blogwalking ^_^v

    ReplyDelete

Blogger news

Blogroll